Bila ada satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi sembari mengenal lingkungan alam Bali, maka Sangeh Monkey Forest Bali wajib masuk daftar. Objek wisata ini merupakan kawasan hutan lindung yang didominasi hutan pala. Selain itu, ratusan monyet yang bermukim di dalamnya juga menjadi daya tarik objek wisata yang berlokasi di Jalan Brahmana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung ini.

Ya, Sangeh Monkey Forest memang merupakan hutan yang dihuni oleh ratusan kera jinak. Luas hutan palanya mencapai kurang lebih 14 hektar dengan tinggi pohon mencapai 50 meter sehingga pengunjung akan merasa sejuk, rindang, dan nyaman berlama-lama di tempat ini. Salah satu keunikan tempat ini adalah adanya pohon pala besar bernama pohon Lanang Wandon yang batangnya menyerupai bentuk kelamin pria dan wanita. Tepat di tengah-tengah hutan juga ada dua Pura sakral nan indah bernama Pura Melanting dan Pura Bukit Sari.

Saat ini penataan obyek wisata Sangeh sudah sangat bagus, dengan areal parkir yang luas. Pusat layanan informasi, pos jaga, jasa foto, pemandu wisata, tempat penjualan suvenir, tempat kuliner serta toilet juga sudah disiapkan demi kenyamanan pengunjung. Kera-kera penghuni hutan di Sangeh Bali ini juga cukup jinak karena sudah terbiasa dengan pengunjung yang berbeda-beda. Meski demikian ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yakni untuk tidak memakai perhiasan berlebihan, hindari memakai kacamata dan jangan mengganggu monyet. Sebaiknya Anda menyiapkan beberapa makanan seperti pisang atau ketela yang dapat dibeli di warung sekitar areal parkir dari objek wisata Sangeh.

Senada dengan dua taman hutan lain yang juga dihuni ratusan kera seperti Monkey Forest Ubud dan Alas Kedaton, Sangeh Monkey Forest juga terletak searah dengan sejumlah objek wisata di Bali lainnya. Sangeh Monkey Forest dekat dengan Danau Beratan Bedugul, Agrowisata Pelaga, Tanah Uwuk, dan Sungai Ayung. Waktu tempuhnya sendiri sekitar 60 menit dari Denpasar, 1 jam 15 menit dari Seminyak atau 40 menit dari Ubud. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil dan motor sebagai sarana transportasi. Tiket masuknya berkisar Rp 20.000 per orang untuk wisatawan asing dan Rp 10.000 untuk pengunjung domestik.

Sangeh Monkey Forest

Informasi Wisata Sangeh Monkey Forest Bali

Nama Tempat Wisata : Sangeh Monkey Forest
Alamat Lengkap : Jl. Brahmana, Sangeh, Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali 80353
Jarak Dari Denpasar : 24,8 km (50 menit)
Nomor Telepon : 0812 3635 655
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WITA
Harga Tiket Masuk : Domestik: Rp 10.000/orang
Mancanegara: Rp 20.000/orang
Biaya Lainnya : Parkir kendaraan:
Mobil: Rp 5.000
Motor: Rp 2.000
Transportasi Menuju Lokasi : Sewa mobil atau motor
Daya Tarik Wisata : Pengunjung dapat berinteraksi dengan kera-kera yang yang jinak di hutan ini.
Aktivitas Yang Bisa Dilakukan : Melihat dan memberi makan kera.
Waktu Berkunjung Terbaik : Jam 09.00 pagi sampai 13.00 siang.
Perlengkapan Yang Perlu Dibawa : Beberapa makanan seperti pisang atau ketela yang dapat anda beli di warung sekitar areal parkir dari objek wisata Sangeh.
Tips Berkunjung : – Tidak memakai perhiasan seperti kalung dan anting-anting.
– Tidak menggunakan kaca mata.
– Tidak menggangu monyet.
Tempat Makan Terdekat : Sawah Terrace, Warung Sate Bali Nyoman Bledor, Warung Bali Sangeh, Warung Sawah-sawah, Lawar Sapi Men Daging, Lawar Kuwir Buk Nanik, Warung Dek Nik.
Tempat Wisata Terdekat : Taman Mumbul Sangeh, Air Terjun Pengempu.

Peta Lokasi Objek Wisata Sangeh Monkey Forest Bali

Galeri Foto

  • Spot Foto yang Bagus

    Spot Foto Terbaik di Sangeh Mongky Forest
  • Keramaian Pengunjung

    Suasana Pintu Masuk Objek Sangeh Mongky Forest

Berikan Komentar Sekaligus Beramal

Setiap komentar yang Anda berikan akan kami jadikan donasi Rp. 1.000 untuk anak-anak yatim piatu di Bali dan Lombok melalui Bali Caring Community (BCC).
BCC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 komentar