Rafting di Sungai Telaga Waja – Arung Jeram di Kaki Gunung Agung

  • telaga waja rafting

Berjarak sekitar 1,5 jam dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Rafting di Bali Sungai Telaga Waja dapat menjadi daftar tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di Bali. Selain pemandangannya indah, sungai yang terletak di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, wilayah Bali Timur, ini merupakan sungai terbesar kedua setelah Ayung yang menawarkan sensasi aktivitas wisata yang mendebarkan. Aliran air di sungai Telaga Waja cukup deras karena bersumber dari mata air pegunungan di kaki gunung Agung, yang merupakan gunung tertinggi di Bali dan disucikan oleh umat Hindu. Jadi selain bisa menjadi tujuan wisata trekking mendaki ke Gunung Agung, aktivitas wisata yang sangat populer bisa dilakukan di sepanjang lintasan sungai di sini adalah rafting di Bali atau arung jeram.

Sepanjang aliran sungai Telaga Waja menyuguhkan pemandangan alam asri dan alami, seperti pemandangan petak-petak sawah terasering, tebing tinggi, lembah tropis, dan tentunya latar Gunung Agung. Airnya lebih jernih dan deras dibandingkan di Sungai Ayung, dengan lintasan arung jeram lebih panjang sekitar 12 km dari start point sampai finish, lebar sungai sekitar 5 meter, dan durasi waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam. Meski arusnya deras dengan tingkat kesulitan grade 2 sampai 4, sungainya sangat jernih hingga bisa terlihat sampai ke dasar. Dari pelataran parkir menuju start point tidak terlalu jauh dengan jalan datar dan udara bersih bebas polusi. Atraksi ini cocok untuk anak-anak maupun dewasa dengan harga cukup terjangkau.

Rafting di Sungai Ayung – Sensasi Arung Jeram di Sungai Terpanjang di Bali

  • sungai ayung rafting

Sungai Ayung adalah sungai terpanjang di Bali. Sungai ini mengalir sepanjang 68,5 km melewati Kabupaten Bangli, Badung, Gianyar, Kota Denpasar dan bermuara di Selat Badung di Sanur. Selain populer dengan predikat sungai terpanjang, Sungai Ayung juga terkenal di kalangan pencinta aktivitas jeram. Yup, hal ini karena Sungai Ayung punya lintasan jeram yang cocok buat aktivitas rafting untuk pemula karena punya grade 2 sampai 3. Untuk akses ke sini bisa dari sisi Barat melalui jalur Monkey Forest Sangeh, Desa Carangsari atau Petang, kalau dari Timur melalui Kedewatan, Ubud. Semuanya tetap harus melewati anak tangga yang lumayan banyak untuk menuju start point.

Anak-anak minimal 7 tahun sudah bisa ikut rafting di sungai yang letaknya sekitar 4 km dari lokasi obyek wisata Sangeh Mongkey Forest ini. Waktu tempuh arung jeram di sungai Ayung Ubud, kurang lebih selama 2 jam dengan panjang trek kurang lebih 10 kilometer. Yang menjadi daya tarik dari rafting di Ayung adalah adanya pahatan-pahatan atau relief cerita ramayana di sepanjang 1 km dinding sungai. Juga terdapat banyak resort, villa dan hotel-hotel ternama di sepanjang trek perjalanan. Tergantung provider rafting yang Anda pilih, tapi umumnya di satu perahu hanya diperbolehkan maksimum 4 orang dan 1 orang guide yang sudah lulus program keamanan dan keselamatan aktivitas arung jeram.

Sungai Tukad Melangit – Sensasi Rafting Unik di Bali Timur

  • tukad melangit rafting

Bagi Anda pencinta aktivitas pemicu adrenalin, rafting di Bali haruslah menjadi alternatif liburan Anda. Salah satu tempat arung jeram terbaik di Bali selain di Sungai Telaga Waja atau Sungai Ayung, adalah Sungai Melangit. Sungai Melangit terletak di Kabupaten Klungkung. Jarak tempuh dari Denpasar menuju lokasi rafting di Sungai Melangit kurang lebih 1 jam perjalanan. Rafting di Sungai Melangit tergolong lebih menyenangkan karena air sungainya jernih dan medannya tidak terlalu sulit dibanding Telaga Waja dan Ayung. Saking populernya, tempat ini sering menjadi tujuan tur untuk kegiatan berpetualang di alam bebas di wilayah peta wisata Bali Timur.

Mengalir sepanjang musim, aliran air Sungai Melangit terhitung cukup deras dengan tingkat kesulitan sedang. Panjang treknya sekitar 7,5 km dan dapat ditempuh selama 2 jam. Sepanjang perjalanan dengan perahu karet menyusuri sungai Melangit berbagai tanaman tropis dan kera-kera liar yang bergelantungan di dahan pepohonan dapat menjadi hiburan tambahan Anda. Akses menuju ke start point rafting juga tidak terlalu jauh, cukup hanya 5 menit berjalan kaki. Tidak seperti di Telaga Waja yang mencapai ketinggian 5 meter, jeram-jeram di sini kategori sedang sehingga anak-anak juga cocok melakoni aktivitas ini. Tergantung provider yang Anda pilih paket rafting di sini biasanya juga termasuk makan siang dan wisata naik gajah.

Berikan Komentar Sekaligus Beramal

Setiap komentar yang Anda berikan akan kami jadikan donasi Rp. 1.000 untuk anak-anak yatim piatu di Bali dan Lombok melalui Bali Caring Community (BCC).
BCC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 komentar