Pura Tirta Empul Bali adalah pura Hindu yang terletak di Desa Manukaya, Kecamatan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar – Bali dengan sumber mata air yang sering digunakan untuk penyucian diri. Pura ini merupakan objek wisata yang wajib dikunjungi di Pulau Dewata karena terdapat mata air yang juga digunakan oleh masyarakat pemeluk agama Hindu untuk permandian dan memohon tirta suci. Memiliki luas sebesar 42,63 kilometer persegi, Anda membutuhkan waktu bermobil kurang lebih satu jam 20 menit dari Bandara Ngurah Rai Denpasar untuk bisa sampai ke tempat ini.

Tercatat ada banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke pura ini setiap harinya. Hal ini karena ada tradisi unik dan menarik yang cuma bisa dilakukan di Pura Tirta Empul. Di sini ada mata air alami yang mengalir melalui kurang lebih 26 pancuran. Dan di sinilah biasanya para wisatawan antri untuk melakukan aktivitas penyucian yang oleh masyarakat Bali disebut dengan nama melukat. Aktivitas melukat di Pura Tirta Empul Tampak Siring dipercaya mempunyai banyak manfaat oleh masyarakat Hindu Bali, termasuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, enteng jodoh serta murah rezeki.

Tak hanya bisa menyaksikan keberadaan kolam untuk aktivitas melukat dan desain arsitektur unik warisan sejarah sejak tahun 962 masehi, Tirta Empul juga menyimpan daya tarik lain. Di sebelah lokasi Pura Tirta Empul terdapat Istana Presiden Indonesia yang bernama Istana Tampak Siring. Tempat ini dulunya dibangun oleh presiden pertama RI, yakni Presiden Soekarno tahun 1957 – 1960 untuk tempat peristirahatan. Istana Tampak Siring sempat mengalami renovasi tahun 2003 untuk KTT ASEAN Summit XIV. Penambahan bangunan pada Istana Tampak Siring juga ditujukan untuk konferensi, resepsi, dan acara pertunjukan kesenian tamu negara.

Ada banyak pilihan transportasi untuk menuju ke tempat ini. Jika Anda menginap di kawasan wisata Ubud, menggunakan taksi adalah salah satu sarana transportasi yang dapat Anda gunakan. Jika berencana jalan-jalan untuk mengunjungi lebih dari satu tempat wisata di Bali maka menggunakan jasa sewa mobil termasuk supir sangat disarankan. Siapkan kocek Rp 25.000 sampai Rp 30.000 untuk anak-anak dan dewasa untuk masuk. Tirta Empul buka dari pukul 07.00 WITA hingga pukul 18.00 WITA. Jangan lupa bawa kain kamen bila ingin melakukan aktivitas melukat.

Pura Tirta Empul

Informasi Wisata Pura Tirta Empul Bali

Nama Tempat Wisata : Pura Tirta Empul
Alamat Lengkap : Jl. Tirta, Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali
Jarak Dari Denpasar : 39 km (1 Jam 20 Menit)
Jam Buka : 07.00 s.d 18.00 WITA (kecuali saat perayaan keagamaan, hanya dibuka untuk peribadatan).
Harga Tiket Masuk : – Dewasa, Rp 30.000 per orang

– Anak, Rp 25,000 per anak

Biaya Lainnya : Parkir kendaraan:

– Motor: Rp. 2.000

– Mobil: Rp. 5.000

Transportasi Menuju Lokasi : Sewa mobil
Daya Tarik Wisata : Wisata budaya, tempat yang alami, arsitektur yang purbakala, dan udara yang sangat sejuk.
Aktivitas Yang Bisa Dilakukan : Menyucikan diri pada pancuran air yang ada di kawasan pura dan mengunjungi Istana Kepresidenan Tampaksiring.
Waktu Berkunjung Terbaik : Pagi hari (karena udara sangat sejuk di kawasan itu pada pagi hari).
Perlengkapan Yang Perlu Dibawa : Kamben dan pakaian ganti.
Tips Berkunjung : Diharapkan untuk wanita yang sedang datang bulan agar tidak memasuki area pura.
Tempat Makan Terdekat : Warung makan pedagang lokal.
Tempat Wisata Terdekat : Tegalalang Rice Terrace dan Pura Gunung Kawi.

Peta Lokasi Objek Wisata Pura Tirta Empul di Tampak Siring, Gianyar, Bali

Galeri Foto

  • Batu Prasasti

    Batu Prasasti Pura Tirta Empul
  • Keramaian Pengunjung

    Keramaian Pengunjung Pura Tirta Empul

Berikan Komentar Sekaligus Beramal

Setiap komentar yang Anda berikan akan kami jadikan donasi Rp. 1.000 untuk anak-anak yatim piatu di Bali dan Lombok melalui Bali Caring Community (BCC).
BCC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 komentar