Bicara soal tempat wisata di Bali memang tak pernah ada habisnya. Surga bagi para traveler ini punya banyak destinasi yang indah, sejuk dan sarat budaya, salah satunya Pura Gunung Kawi atau Candi Gunung Kawi. Terletak di Sungai Pakerisan, Dusun Penaka, Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, Candi ini sangat unik dan merupakan situs purbakala yang dilindungi di Bali. Candi ini terletak sekitar 40 kilometer dari Kota Denpasar dengan perjalanan sekitar 1 jam. Sementara dari Kota Gianyar berjarak sekitar 21 kilometer atau sekitar setengah jam perjalanan.

Nama Gunung Kawi itu sendiri konon berasal dari kata Gunung dan Kawi. Gunung berarti Gunung atau Pegunungan dan Kawi Berarti Pahatan jadi Candi Gunung Kawi berarti Candi yang dipahat di atas gunung. Bila biasanya candi berupa batuan utuh yang terbuat dari bata merah atau batu gunung, Candi Gunung kawi terbentuk dari pahatan di dinding tebing batu padas di tepi sungai. Untuk sampai ke candi yang dibangun abad ke-11 Masehi pada masa pemerintahan Raja Udayana ini Anda perlu tenaga ekstra menapaki sekitar 315 anak tangga. Namun karena lokasinya di tubir Sungai Pakerisan, suasana asri dari rerimbunan pepohonan dan gemericik air sungai membuat pengunjung seolah disambut oleh simfoni alam.

Sesampainya di kompleks candi, wisatawan akan menyaksikan dua kelompok percandian yang dipisahkan oleh aliran Sungai Pakerisan. Candi pertama yang berjumlah empat buah terletak di sebelah Barat sungai. Sementara candi kedua yang berjumlah lima buah terletak di sebelah Timur sungai. Candi di sebelah barat juga dilengkapi kolam pemandian serta pancuran air. Menyaksikan dua kompleks candi ini pengunjung akan dibuat takjub oleh pemandangan dinding-dinding batu cadas yang dipahat rapi membentuk ruang-ruang lengkung yang melindungi candi dari ancaman erosi.

Suasana di sekitar tempat wisata Gunung Kawi memang tenang dan sejuk hingga cocok dijadikan tempat rekreasi dan melepas lelah. Selain pemandian, pancuran air, dan Wihara, situs purbakala Gung Kawi juga dilengkapi dengan tempat pertapaan bernama Geria Penanda dan gapura. Tiket masuknya sendiri dikenakan tarif Rp 15.000 per orang. Anda bisa menggunakan beragam pilihan transportasi untuk menuju ke sini seperti bus, taksi, travel atau kendaraan pribadi.

Pura Gunung Kawi

Informasi Wisata Pura Gunung Kawi Bali

Nama Tempat Wisata : Pura Gunung Kawi
Alamat Lengkap : Banjar Penaka, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali
Jarak Dari Denpasar : 38km (1 jam 20 menit)
Nomor Telepon : 0856 3795 229
Jam Buka : 08.00-18.00
Harga Tiket Masuk : Rp. 15.000/orang
Biaya Lainnya : Parkir Kendaraan
– Mobil : Rp. 5.000
Transportasi Menuju Lokasi : Sewa mobil
Daya Tarik Wisata : Komplek Candi purbakala, udara yang sejuk, suasana alama yang sangat tenang dan asri
Aktivitas Yang Bisa Dilakukan : Menikmati suasana alam yang sejuk tenang dan asri, melihat berbagai macam Candi yang unik dan penuh dengan Sejarah.
Waktu Berkunjung Terbaik : Pagi hari (karena udara akan sangat sejuk)
Perlengkapan Yang Perlu Dibawa : Kamera untuk foto-foto, minuman yang cukup (karena akan melewati anak tangga yang banyak)
Tips Berkunjung : Di harapkan kondisi anda Fit saat akan menuju ke sini
Tempat Makan Terdekat : Warung Sripadi, Kafe Kawi, Bebek Puri Boga Resto, Pangkon Bali Resto
Tempat Wisata Terdekat : Pura Tirta Empul, Teras Ceking Tegalalang, Pura Gunung Kawi Sebatu

Peta Lokasi Objek Wisata Pura Gunung Kawi di Gianyar Bali

Galeri Foto

  • Deretan Candi Purbakala

    Deretan Candi Purbakala di Pura Gunung Kawi

Video

Berikan Komentar Sekaligus Beramal

Setiap komentar yang Anda berikan akan kami jadikan donasi Rp. 1.000 untuk anak-anak yatim piatu di Bali dan Lombok melalui Bali Caring Community (BCC).
BCC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 komentar