Click the stars to rate

Saat berwisata ke Bali tentunya para wisatawan ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga yang menanti di rumah. Meski banyak mal modern yang menyajikan barang branded kekinian, pasar tradisional masih menjadi primadona bagi para pengunjung. Bila Anda juga suka berbelanja di pasar, maka Pasar Seni Guwang cocok jadi pilihan. Ini adalah pasar alternatif selain Pasar Seni Sukawati yang biasanya penuh sesak. Lokasi Pasar Guwang ini berada di Banjar Cemenggaon, Desa Guwang, yang masih termasuk Kecamatan Sukawati, Kabupaten Daerah Tingkat II Gianyar. Waktu tempuhnya kurang lebih 35 menit dari Ibu Kota Denpasar.

Pasar oleh-oleh Guwang ini memang dibangun untuk mengatasi kepadatan yang ada di Pasar Seni Sukawati. Pasalnya biasanya banyak wisatawan yang berkunjung ke Bali membeli oleh-oleh di Pasar Sukawati hingga pengunjungnya membludak dan terasa sesak. Maka dari itu dibangunlah Pasar Seni Guwang yang diresmikan pada 27 November 2001 oleh Gubernur Bali dan mulai beroperasi pada tahun 2002. Pasar Seni ini memiliki suasana yang lebih kondusif dan lebih tertata rapi. Juga terdapat banyak pepohonan rindang jadi berbelanja di sini tidak akan begitu kepanasan. Lahan parkirnya juga lebih luas hingga bisa menampung puluhan bis-bis wisata.

Mengenai kelengkapan barang yang dijual, segala barang yang ada di Pasar Sukawati juga ada di Pasar Guwang. Bentuk bangunan dibuat seperti letter U yang dibagi menjadi 3 blok, yakni blok A pada sisi kiri, B kanan dan C di ujung sebagai penghubung antara blok A dan B. Kios-kios yang berada di blok A sebagian besar menjual barang-barang cenderamata berupa kerajinan kayu, patung, lukisan, atau pernak-pernik. Di blok B banyak yang menjual pakaian seperti baju kaos, celana khas Bali, sarung pantai, bed cover dan masih banyak lagi.

Demi mendapatkan harga yang murah sesuai dengan selera Anda baik di Guwang atau Sukawati, pengunjung harus melakukan proses negosiasi atau tawar menawar untuk mencapai kesepakatan dengan penjual. Sebaiknya datang lebih pagi karena para pedagang biasanya memberikan harga yang lebih murah. Selain untuk penglaris dagangannya, hal tersebut dikarenakan pembeli yang masih sepi. Pasar Seni ini  1 km di sebelah Selatan pasar Sukawati. Akses ke pasar ini dapat melalui bypass Ida Bagus Mantra, di desa Ketewel ketemu traffic light dengan persimpangan yang cukup besar kemudian belok kiri. Lokasi pasar memang sangat strategis karena berdekatan dengan objek wisata lainnya seperti air terjun Tegenungan atau Hidden Canyon Beji Guwang.

Pasar Seni Guwang

Informasi Wisata Pasar Seni Guwang Bali

Nama Tempat : Pasar Seni Guwang
Alamat Lengkap : Jl. Raya Guwang No.5, Guwang, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
Jarak Dari Denpasar : 15,9 km (35 Menit)
Jam Buka : 08.00 – 19.00 WITA
Tiket Masuk : Gratis
Biaya Lainnya : Parkir Kendaraan :
– Mobil : Rp. 5.000/mobil
Transportasi Menuju Lokasi : Sewa mobil di Bali.
Barang Yang Dijual : Kaos khas Bali, kerajinan tangan, gantungan kunci, pajangan, aksesoris, dompet & tas, sandal, kain pantai, lukisan dan masih banyak yang lainnya.
Waktu Berkunjung Terbaik : Jam 10.00 (semua pedagang sudah buka).
Tips Berkunjung : Berusahalah untuk menawar harga barang yang di jual.
Tempat Makan Terdekat : Sukka Resto, Warung Noesantara, Batuan Resto, Warung Padang Rezeki.
Tempat Wisata Terdekat : Desa Celuk, Hidden Canyon, Bali Zoo, Air Terjun Tegenungan.

Peta Lokasi Objek Wisata Pasar Seni Guwang di Gianyar Bali

Galeri Foto

  • Cinderamata Lukisan

  • Kios Oleh-oleh Bali

  • Kios Pasar Seni Bali

  • Parkiran Luas

  • Luasnya parkiran untuk kendaraan pengunjung

  • Papan Nama

  • Gerbang Pasar Guwang

  • Berbelanja Oleh-oleh

Berikan Komentar Sekaligus Beramal

Setiap komentar yang Anda berikan akan kami jadikan donasi Rp. 1.000 untuk anak-anak yatim piatu di Bali dan Lombok melalui Bali Caring Community (BCC).
BCC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 komentar