Belanja oleh-oleh dan kebutuhan sehari-hari di Pulau Dewata tidak selalu harus ke mal. Bahkan di mata masyarakat lokal dan para wisatawan, pasar tradisional lebih punya daya pikat karena selain murah, juga bisa ikut serta merasakan aura Bali sepenuhnya. Pasar terbesar yang juga disebut warisan budaya di Kota Denpasar, yakni Pasar Badung Bali patut menjadi destinasi wisata belanja Anda. Pasar yang baru saja direnovasi usai kebakaran hebat tahun 2016 ini berlokasi di pusat Kota Denpasar di Jalan Gajah Mada.

Pasar Badung yang baru saja diresmikan oleh Presiden Jokowi pada (22/3/2019) ini kini telah berdiri megah kembali dengan beragam fasilitas mumpuni. Dibangun kembali dengan enam tingkat yang terdiri dari 2 ruang bawah tanah, dan 4 lantai untuk los dan kios. Tercatat ada 1.450 unit los dan 290 unit kios di pasar yang kini dipercantik dengan goresan mural di beberapa titik. Ruang bawah tanahnya sendiri digunakan untuk lahan parkir dengan daya tampung mencapai seratusan lebih unit mobil dan minibus.

Jangan tanya soal fasilitasnya, dijamin amat ramah diakses oleh anak dan disabilitas. Konsep digitalisasi pasar dan smart heritage market yang disematkan pada Pasar Badung juga memudahkan interaksi antara penjual dan pembeli. Adanya 18 spot WIFI gratis di pasar ini bisa dijadikan wahana promosi bagi penjual untuk memperkenalkan produknya pada pembeli. Juga ada fasilitas timbangan digital untuk menjaga transparansi agar proses jual beli tidak dicurangi. Kemudian ada QR Code di setiap kios demi memfasilitasi pembeli yang ingin melakukan transaksi non-tunai. Ditambah adanya eskalator, lift, arena bermain anak, sekolah bagi anak pedagang pasar serta Taman Kumbasari Tukad Badung menjadikan pasar Badung tidak hanya tempat untuk belanja melainkan juga tujuan rekreasi dan edukasi dini.

Beberapa barang yang dijual di pasar ini antara lain, segala jenis pakaian, kerajinan khas Bali, oleh-oleh khas Bali, perlengkapan upacara keagamaan, buah-buahan, sembako serta barang-barang kebutuhan sehari-hari yang ditawarkan dengan harga terjangkau karena didatangkan langsung dari pusat produksi. Pasar ini memang terletak strategis di pusat kota karenanya berkunjung ke pasar ini lebih baik mengendarai kendaraan roda dua atau empat karena suasana kota yang selalu ramai. Untuk wisatawan, usai mengunjungi pasar Badung, selanjutnya bisa mengunjungi Museum Bali, Taman Werdi Budaya serta Monumen perjuangan Bajra Sandhi yang letaknya dekat.

Pasar Badung

Informasi Wisata Pasar Badung Bali

Nama Tempat Wisata : Pasar Badung
Alamat Lengkap : Dangin Puri Kangin, Jl. Sulawesi No.1, Dauh Puri Kangin, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali
Jarak Dari Denpasar : 0 km
Jam Buka : 24 jam
Harga Tiket Masuk : Gratis
Biaya Lainnya : Parkir Kendaraan :
– Motor : Rp. 2.000
– Mobil : Rp. 5.000
Transportasi Menuju Lokasi : Sewa mobil atau motor
Barang yang dijual : Buah, sayuran, bahan masakan, baju, alat-alat sembahyang dll.
Tips Berkunjung : Berusahalah untuk menawar harga
Tempat Makan Terdekat : Hongkong Restaurant, Kopikoe Bali, Restaurant Atoom Baru, Warung Pojok
Tempat Wisata Terdekat : Taman Puputan Badung, Museum Bali, Art Centre, Monumen Bajra Sandi Renon

Peta Lokasi Objek Wisata Pasar Badung di Denpasar Bali

Galeri Foto

  • Pintu Masuk

    Pintu Masuk Pasar Badung
  • Suasana di dalam

    Suasana di dalam Paras Badung

Berikan Komentar Sekaligus Beramal

Setiap komentar yang Anda berikan akan kami jadikan donasi Rp. 1.000 untuk anak-anak yatim piatu di Bali dan Lombok melalui Bali Caring Community (BCC).
BCC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 komentar