Pulau Dewata kerap dikenal karena keindahan pantainya. Bila Anda bosan dengan Pantai Kuta yang sudah sangat ramai dan mendunia, maka Pantai Suluban Bali yang merupakan pantai indah yang letaknya tersembunyi di balik gua dan karang ini bisa menjadi destinasi favorit pencinta pantai selanjutnya. Mungkin pantai kecil ini kurang ideal untuk berjemur, tapi jelas sangat cocok untuk surfing. Hal ini karena pantai yang juga disebut dengan nama Blue Point Beach ini memiliki ombak besar favorit para peselancar. Pantai ini terletak di Desa Pecatu, Uluwatu, Kuta Selatan, Bali dengan waktu tempuh kurang lebih 60 menit dari Denpasar.

Salah satu pesona pantai ini terletak pada akses jalan masuknya. Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk bisa berada di pantai yang tersembunyi di balik bebatuan ini. Pengunjung memang diharuskan berjalan kaki kurang lebih 200 meter dari areal parkir kendaraan dengan menuruni anak tangga. Usai melewati anak tangga sekitar 50 meter, para pengunjung juga harus melewati lagi tangga yang lebih sempit dan kecil yang diapit oleh tebing batu karang putih, dan tak jarang Anda harus antri untuk dapat melewati tangga ini. Selanjutnya Anda akan disambut dengan pemandangan gua karang, sebelum bisa mendengar deburan ombak besar khas Pantai Suluban. Tak heran Pantai Suluban berasal dari kata “mesulub” yang dalam Bahasa Bali berarti “lewat dalam sesuatu”.

Karena butuh tenaga ekstra untuk mengakses pantainya dan juga besarnya ombak, Pantai Suluban memang terbilang kurang cocok untuk dikunjungi anak-anak di bawah umur 12 tahun. Namun jangan khawatir karena pantai ini memang punya daya tarik yang berbeda dari tempat lain. Selain surfing, di sini pengunjung bisa bersantai dalam gua dan menikmati kolam ombak dengan catatan arus dan ombak yang tidak begitu besar. Pemandangan matahari terbit dan terbenam di tempat ini sangat magis berkat tebing karang tinggi di sekelilingnya. Anda juga bisa menikmati aneka kuliner lokal dan internasional di sini. Kelebihan lainnya, Anda tidak perlu jauh-jauh mengunjungi tempat wisata lainnya karena Pantai Suluban dekat dengan GWK, Pantai Balangan, Pantai Dreamland, dan masih banyak lagi spot unik di Uluwatu.

Jika berkunjung kesini, dari Bandara Ngurah Rai Anda menuju ke Jimbaran melalui jalan By Pass Bandara Ngurah Rai. Setelah sampai di perempatan Jimbaran (KFC Jimbaran) Anda belok ke kanan menuju Jalan Uluwatu. Pantai ini terletak di ujung Jalan Mamo di area Pantai Labuan Sait, sebuah kawasan yang mencakup lokasi surfing Padang Padang dan Uluwatu. Kecuali Anda berencana menginap di villa atau hotel di area ini, menuju kawasan bisa ditempuh dengan menggunakan shuttle bus, taksi, atau sepeda motor. Pengunjung tidak dikenai tiket masuk, tapi harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 15.000 untuk mobil.

Pantai Suluban

Informasi Wisata Pantai Suluban Bali

Nama Tempat Wisata : Pantai Suluban
Alamat Lengkap : Jalan Pantai Suluban, Desa Pecatu, Uluwatu, Kuta Selatan, Bali.
Jarak Dari Denpasar : 30 km (1 Jam 10 Menit)
Harga Tiket Masuk : Gratis
Biaya Lainnya : Parkir kendaraan:

  • Sepeda motor: Rp. 5000
  • Mobil: Rp. 15.000
Transportasi Menuju Lokasi : Sewa mobil
Daya Tarik Wisata : Pantai pasir putih, pemandangan Samudra Hindia yang biru, pemandangan tebing di tepi pantai, pemandangan Sunset.
Aktivitas Yang Bisa Dilakukan : Berenang, menikmati keindahan Sunset.
Waktu Berkunjung Terbaik : Sore hari (untuk menikmati pemandangan Sunset).
Perlengkapan Yang Perlu Dibawa : Perlengkapan mandi, pakaian ganti, kamera untuk foto-foto.
Tempat Makan Terdekat : Single Fin Bali, Mike’s Kitchen Suluban, Surfers Warung, Land’s End Cafe, Ulu Restaurant, Cafe Uluwatu Indah, Waroeng Surya Restaurant, Mana Uluwatu.
Tempat Wisata Terdekat : Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pantai Padang-Padang, Pura Uluwatu, Pantai Dreamland.

Peta Lokasi Objek Wisata Pantai Suluban di Uluwatu Bali

Galeri Foto

  • Tebing Karang yang Indah

    Tebing Karang yang Indah Pantai Suluban
  • Pasir Putih

    Pasir Putih Pantai Suluban

Video

Berikan Komentar Sekaligus Beramal

Setiap komentar yang Anda berikan akan kami jadikan donasi Rp. 1.000 untuk anak-anak yatim piatu di Bali dan Lombok melalui Bali Caring Community (BCC).
BCC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 komentar