Bali punya beragam objek wisata untuk dikunjungi. Kalau kamu bosan dengan pantai, maka ngarai bisa menjadi pilihan tempat wisatamu selanjutnya. Berawal dari kegemaran berswafotolah, Hidden Canyon Beji Guwang mulai ditemukan. Semua dimulai ketika para pemancing mengunggah foto lokasi memancing mereka ke media sosial. Lantas foto tersebut mulai menarik hati fotografer profesional yang mulai mempromosikan ngarai-ngarainya. Kunjungan wisatawan pun mendadak meningkat, dan Hidden Canyon Beji Guwang yang terletak di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar ini menjadi destinasi wisata baru yang menarik di Bali.

Disebut menarik karena ngarai ini letaknya tersembunyi dan terbentuk dari kikisan air sungai berupa lembah yang dalam dan sempit. Merupakan pahatan alam tersembunyi.  Tempat ini sayangnya kurang direkomendasikan untuk anak-anak dan orangtua karena jalur trekkingnya sangat menantang, meski pemandangannya yang spektakuler tak akan mampu dilukiskan dengan kata-kata. Pengunjung dapat mencapai lokasi Hidden Canyon Beji Guwang sekitar 15 – 20 menit ke arah timur dari Kota Denpasar atau sekitar 1 jam dari Kuta.  Rute paling cepat dari kota Denpasar adalah melalui bypass Ida Bagus Mantra hingga sampai di perempatan Desa Ketewel. Lalu ambil jalur yang mengarah ke Jalan Raya Ketewel kemudian beralih ke Jalan Raya Guwang. Sampai di Patung Garuda, sekitar 750 meter kemudian terdapat Pura Dalem. Area parkir Pura Dalem cukup luas dan menjadi tempat parkir kendaraan. Setelah memarkir kendaraan, bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati.

Bila dulunya sulit dilalui karena gampang tergelincir, kini dari pintu masuk menuju arah Hidden Canyon sudah terlihat tangga beton yang dibangun dengan rapi. Tampak tempat ini sudah berbenah sedemikian rupa dengan tambahan bangunan seperti loket tiket, shower, loker, ruang ganti, dan tempat makan yang cukup luas. Disediakan juga lokal guide yang tahu di mana celah-celah batu yang pas untuk berpijak, mana bagian yang dalam dan berarus kencang mengingat kondisi Hidden Canyon yang bisa berubah sewaktu-waktu.

Sebelum memulai petualangan, lokal guide akan meminta Anda untuk menyimpan sandal atau sepatu Anda di dry bag yang sudah disiapkan. Anda harus bersabar menunggu giliran melewati celah-celah tebing ngarai, baik itu dengan cara menempel, merayap atau menyebur ke sungai. Sembari menunggu giliran, Anda bisa foto-foto, mengabadikan keindahan yang indah bak lukisan. Meski jalur trekking menyusuri Hidden Canyon tak begitu panjang, karena medannya cukup sulit dan menantang butuh waktu yang lama juga. Sambil menikmati suasana, foto-foto dan main air, Anda bisa menghabiskan waktu kurang lebih tiga jam. Namun bisa berpetualang bersama teman-teman, tentu rasanya akan tetap seru dan menyenangkan.

Hidden Canyon Beji Guwang

Informasi Wisata Hidden Canyon Bali

Nama Tempat Wisata : Hidden Canyon Beji Guwang
Alamat Lengkap : Jalan Sahadewa, Banjar Wangbung, Guwang, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
Jarak Dari Denpasar : 17 km (35 menit)
Jam Buka : 08.00 – 17.30 wita
Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000/orang
Biaya Lainnya : – Lokal guid, loker dan ruang ganti :
Rp. 50.000

– Parkir Kendaraan :
Rp. 5.000

Transportasi Menuju Lokasi : Sewa mobil dan motor di Bali
Daya Tarik Wisata : Tebing-tebing yang tinggi menjulang, sungai yang jernih dan warnanya sedikit kebiruan.
Aktivitas Yang Bisa Dilakukan : – Berfoto-foto dengan latar belakang tebing yang curam, air terjun kecil hingga sungai yang mengalir.
– Trekking di pandu oleh lokal guid.
Waktu Berkunjung Terbaik : Jam 09.00 (agar dapat menjelajah 3 ngarai sekaligus)
Perlengkapan Yang Perlu Dibawa : Kamera untuk foto-foto
Tips Berkunjung : – Berpakaian yang rapi, karena lokasi ini sangat di sakralkan oleh penduduk setempat.
– Sebaiknya menggunakan jasa lokal guide karena mereka sudah sangat mengenal medan yang ada di sana.
– Karena rute jalan yang berbatu dan licin disarankan untuk berhati-hati dalam berpijak.
Tempat Makan Terdekat : Terdapat banyak pedagang lokal di lokasi wisata
Tempat Wisata Terdekat : Monkey Forest Ubud, Pasar Seni Sukawati, Desa Celuk, Desa Mas, Air Terjun Tegenungan, Bali Bird Park, Goa Gajah

Peta Lokasi Objek Wisata Hidden Canyon Beji Guwang di Gianyar Bali

Galeri Foto

  • Berfoto berlatar tebing dan sungai

    Berfoto berlatar tebing dan sungai di Hidden Canyon Beju Guwang
  • Aliran sungai yang tenang

    Aliran sungai yang tenang di Hidden Canyon Guwang

Berikan Komentar Sekaligus Beramal

Setiap komentar yang Anda berikan akan kami jadikan donasi Rp. 1.000 untuk anak-anak yatim piatu di Bali dan Lombok melalui Bali Caring Community (BCC).
BCC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 komentar