Desa Penglipuran Bali terletak di Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali. Untuk menemukan desa ini tidaklah terlalu sulit, terutama bagi Anda yang menggunakan jasa tour & travel. Untuk Anda yang backpacker, lokasi Desa Penglipuran sendiri tak jauh dari Kintamani atau Gunung Batur sekitar 45 km dari Kota Denpasar atau 5 km dari Kota Bangli. Bisa dibilang kecanggihan teknologi tak mempengaruhi keindahan dan kedamaian yang ditawarkan desa ini.

Desa Penglipuran merupakan alternatif destinasi wisata di Bali selain pantai. Di sinilah Anda bisa menemukan keindahan pedesaan yang jauh dari kebisingan lalu lintas dan peradaban modern. Keunikan dari Desa Penglipuran ini adalah struktur bangunannya yang masih berkonsep menyatu dengan alam. Hampir setiap rumah yang ada di desa ini mirip satu sama lain dengan masih mempertahankan tata bangunan tradisional warisan para leluhur. Selain itu hampir 40 persen desa ini terdiri dari hutan bambu. Daya tarik inilah yang membuat Penglipuran diganjar dengan Kalpataru tahun 1995 karena dianggap mampu mempertahankan dan memelihara 75 hektar hutan bambu dan 10 hektar vegetasi lain yang menjadi ciri khas desanya.

Saking terjaga keindahannya, Desa Penglipuran Bali pernah dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia bersama Desa Terapung Giethoorn di Provinsi Overijssel Belanda dan Desa Mawlynnong yang ada di India. Tentunya banyak hal yang bisa dilakukan di tempat ini selain melihat pemandangan hutan bambu, Anda bisa berpartisipasi aktif dalam kursus tari, mempelajari kebudayaan Bali tempo dulu, melihat keseharian penduduknya seperti berternak, bertani, menganyam bambu dan banyak lagi.

Tiket masuknya sendiri tidaklah mahal. Untuk wisatawan domestik dikenakan Rp 10.000 – Rp 15.000 untuk anak-anak dan dewasa. Sementara wisatawan mancanegara mesti merogoh kocek Rp 25.000 – Rp 30.000. Untuk sampai ke tempat ini turis bisa menggunakan mobil atau bus pariwisata sekitar 1 jam 15 menit perjalanan dari Kota Denpasar. Jangan lupa mencicipi loloh cencem atau minuman khas dengan rasa manis, kecut, manis dan dominan asam bila ke Desa Penglipuran ya.

Desa Penglipuran

Informasi Wisata Desa Penglipuran Bali

Nama Tempat Wisata : Desa Penglipuran
Alamat Lengkap : Desa Penglipuran, Kubu, Kec. Bangli, Kabupaten Bangli, Bali 80613
Jarak Dari Denpasar : 45,7 km (1 jam 16 menit)
Nomor Telepon : 0361 – 880361
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WITA
Harga Tiket Masuk :
Kategori Lokal Mancanegara
Dewasa Rp 15.000 Rp 30.000
Anak Rp 10.000 Rp 25.000
Biaya Lainnya : Parkir kendaraan Rp 5.000/mobil.
Transportasi Menuju Lokasi : Sewa mobil
Daya Tarik Wisata : Keunikan sebuah desa yang masih memperlihatkan suasana Bali asli, bentuk bangunan tradisional yang hampir sama, kesejukan udara, kebersihan dan tata ruang yang tertata rapi.
Aktivitas Yang Bisa Dilakukan : Jalan-jalan sambil melihat rumah adat, mengunjungi hutan bambu, dan berfoto-foto dengan latar belakang rumah adat.
Waktu Berkunjung Terbaik : Menjelang Hari Raya Galungan atau setelah Hari Raya Galungan.

Di hari itu Anda dapat melihat barisan penjor (pohon bambu panjang yang ujungnya dihias dan ditancapkan di depan rumah) yang menghiasi setiap rumah desa ini. Anda pun dapat menyaksikan gadis-gadis Bali berpakaian adat Bali dan membawa banten (persembahan) untuk menuju ke pura.

Perlengkapan Yang Perlu Dibawa : Kamera untuk foto-foto.
Tips Berkunjung : Kendaraan bermotor tidak boleh memasuki wilayah desa. Anda juga tidak diperbolehkan merokok sembarangan. Jika ingin merokok harus dilakukan di tempat yang sudah disediakan.
Tempat Makan Terdekat : Warung Makan Penglipuran, Warung Devi, Warung Cinta Rasa Mujair Khas Songan.
Tempat Wisata Terdekat : Air Terjun Tukad Cepung, Air Terjun Tibumana, Pura Kehen, Terasering Tegalalang, Pura Gunung Kawi Sebatu, Pura Tirta Empul.

Peta Lokasi Objek Wisata Desa Penglipuran di Bangli Bali

Galeri Foto

  • Hutan Bambu yang Eksotik

    Hutan Bambu Desa Penglipuran
  • Penduduk Lokal dan Wisatawan

    Penduduk Lokal dan Wisatawan di Desa Penglipuran
  • Pura Bale Agung

    Pura Bale Agung Desa Penglipuran

Berikan Komentar Sekaligus Beramal

Setiap komentar yang Anda berikan akan kami jadikan donasi Rp. 1.000 untuk anak-anak yatim piatu di Bali dan Lombok melalui Bali Caring Community (BCC).
BCC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 komentar