Siapa yang tidak kepincut dengan pesona Pulau Nusa Penida. Pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali dan secara administratif masuk Kabupaten Klungkung ini punya sejuta pesona yang memanjakan mata. Salah satunya adalah Crystal Bay, pantai yang memiliki air paling jernih di Nusa Penida. Membentang lebih dari 200 meter dengan pulau mini berbentuk kura-kura mengambang di depannya, pantai ini benar-benar sepi dan hampir terasa seperti pantai pribadi. Crystal Bay juga merupakan salah satu tempat snorkeling dan menyelam paling populer di Nusa Penida, karena memiliki karang yang indah, ikan eksotis, dan ikan Mola Mola langka dari waktu ke waktu.

Sebagian besar wisatawan biasanya datang ke Pantai Crystal Bay setelah seharian menghabiskan waktu di lokasi lain seperti Pantai Patah, Angel Billabong, dan Tebing Kelingking. Tak heran karena Crystal Bay memiliki suasana tenang yang cocok untuk menikmati matahari terbenam. Ada warung-warung kecil di mana Anda dapat bersantai dan menikmati makanan dan minuman. Bagian terbaiknya adalah Crystal Bay memiliki air laut bening sejernih kristal dan kehidupan laut yang kaya. Jika Anda cukup bugar untuk berenang, snorkeling atau menyelam, maka ide yang bagus untuk menghabiskan beberapa jam mengagumi kehidupan di bawah air, seperti bertemu Mola Mola atau juga dikenal sebagai Sunfish.

Menyelam bersama Sunfish jelas merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Makhluk besar tapi anggun ini biasanya ditemukan di perairan laut yang dalam dan dingin tetapi kadang-kadang mereka muncul ke permukaan pantai. Anda mungkin beruntung menemukannya di Crystal Bay antara bulan Juli dan September. Belum lagi, terumbu karang di tempat ini juga menjadi rumah untuk berbagai jenis ikan warna-warni ataupun binatang laut lainnya. Tidak heran kalau tempat ini layak disebut sebagai surganya snorkeling dan scuba diving. Selain itu, jika Anda bermalam di Nusa Penida, Anda juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam di atas teluk.

Menilik lokasinya, pantai Crystal Bay terletak di sisi barat Nusa Penida. Untuk mencapai Nusa Penida, Anda harus menempuh perjalanan dengan speed boat selama 40 menit dari Sanur. Perjalanan dengan speed boat akan dikenakan biaya Rp 85.000 – 125.000 sekali jalan tergantung operator. Setelah Anda tiba di Nusa Penida, Anda dapat menuju ke Crystal Bay dengan menyewa mobil atau motor di pelabuhan. Menyewa mobil dan sopir akan dikenakan biaya sekitar Rp 800.000 maksimal 6 orang. Sedangkan motor jauh lebih murah sekitar Rp 80.000 maksimal 2 orang. Ikuti jalan menuju Toya Pakeh dan Anda akan mencapai Pantai Crystal Bay setelah perjalanan 40 menit. Tiket masuk ke Crystal Bay gratis, tetapi Anda harus membayar parkir Rp 5.000 per mobil atau Rp 2.000 per motor.

Informasi Wisata Crystal Bay Nusa Penida Bali

Nama Tempat Wisata : Manta Bay Nusa Penida
Alamat Lengkap : Pejukutan, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali
Jarak Dari Denpasar : 19,6 km (57 menit)
Harga Tiket Masuk : Domestik
– Dewasa: Rp 10.000
– Anak-anak: Rp 10.000

Mancanegara
– Dewasa: Rp 60.000
– Anak-anak: Rp 30.000

Biaya Lainnya : Parkir kendaraan
Sepeda motor: Rp 2.000/motor
Mobil: Rp 5.000/mobil
Bus: Rp 10.000/bus
Transportasi Menuju Lokasi : Sewa mobil atau bus
Daya Tarik Wisata : – Menikmati pemandangan bawah air terumbu karang, ikan dan biota laut yg masih asri
– Menikmati pemandangan gugusan karang dari atas boat
– Melihat ikan langka dan unik bernama ikan manta
Aktivitas Yang Bisa Dilakukan : – Snorkeling
Waktu Berkunjung Terbaik :
Perlengkapan Yang Perlu Dibawa : Krim matahari
Tips Berkunjung :
Tempat Makan Terdekat :
Tempat Wisata Terdekat : Diamond Beach
Lain-lain :

Peta Lokasi Objek Wisata Crystal Bay di Nusa Penida Bali

Galeri Foto

Berikan Komentar Sekaligus Beramal

Setiap komentar yang Anda berikan akan kami jadikan donasi Rp. 1.000 untuk anak-anak yatim piatu di Bali dan Lombok melalui Bali Caring Community (BCC).
BCC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 komentar